Senin, 30 Maret 2009

K.H.Abdul Hamid

Beliau lahir di Lasem Rembang tahun 1333 H. Sejak kecil beliau diasuh oleh ayahnya mengaji di musholla dekat rumahnya. Ketika KH.Siddiq singgah di Lasem ia mengajak Kyai Hamid menunaikan ibadah haji dan ziarah ke makam Rasululloh SAW. Sepulang dari Makkah pada usia 15 tahun beliau mondok di pesantren Tremas, pacitan. Di Tremas inilah potensi spiritual kyai Hamid mulai terasa. Kecemerlangan spiritualnya membuat kagum banyak pihak, hingga tidak sedikit kawan beliau menjadkan kyai Hamid sebagai guru, dan mengikuti jejak beliau ke Pasuruan.
Kyai Hamid menikah dengan putri Kyai Ahmad Qusairy Kebonsari Pasuruan, lalu beliau tinggal dan menetap di Pasuruan. kehidupan kyai Hamid teramat sederhana, beliau bekerja sebagai guru ngaji dan juga sebagai belantik di daerah bangil dengan jarak kurang lebih 15 km sebelah barat Pasuruan. Setiap hari beliau ke sana dengan menggunakan sepeda, beliau menjalani itu semua dengan tabah. Sampai-sampai beliau hanya mempunyai satu sarung yang sudah menerawang sangking tuanya sehingga setiap sholat beliau menutupinya dengan sorban.
Periode pasuruan adalah periode emas dari perjalanan spiritual beliau. Disinilah beliau mulai mengasah diri dengan pancaran ruhhul ilahiyah yang begitu cemerlang. Di Pasuruan ini pula beliau semakin mendekatkan diri pada kalangan ulama dan habaib khususnya dengan Habib Ja’far bin Syaikhon Assegaf Pasuruan yang merupakan guru utama beliau. Kyai Hamid memiliki sifat zuhud dan tawadhu yang jarang dimiliki oleh orang lain. Bahkan ketika Habib Ja`far wafat ketika ziaroh ke makamnya ia tidak berani duduk lurus pada posisi kepala tapi selalu duduk pada posisi kaki Habib Ja`far. Inilah sifat tawaddhu beliau yang sangat tinggi.
Kyai Hamid meninggal pada tanggal 9 Rabiul Awal 1403 H, umatpun menangis, gerak kehidupan di pasuruan seakan terhenti, bisu oleh luka yang dalam, puluhan bahkan ratusan ribu orang membanjiri Pasuruan, memenuhi masjid Agung Al Anwar dan alun-alun serta memadati gang-gang dan ruas jalan di depannya. Beliau dimakamkan di turba belakang masjid Agung Al Anwar Pasuruan. Ribuan umat selalu menziarahinya setiap waktu mengenang jasa dan cinta beliau kepada umat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar